Terima kasih atas kunjungan Anda, kami menyajikan berbagai informasi terkini tentang CSR...

28 September 2009

Bantu Korban Lumpur, Kadin Desak Perusahaan Kucurkan CSR

. 28 September 2009

Sidoarjo (beritajatim.com)-Agar geliat ekonomi sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) kembali bangkit pasca dilanda lumpur lapindo sejak tiga tahun yang lalu, Kadin Sidoarjo meminta perusahaan besar diwilayah Sidoarjo mengucurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Penegasan itu disampaikan Ketua Kadin Sidoarjo Imam Sugiri. "Ini untuk menolong perusahaan kecil yang membutuhkan pertolongan. "Agar keberadaan perusahaan kecil tetap stabil," katanya Senin (28/09/2009).

Menurutnya, dalam segi modal, perusahaan besar lebih mapan dari pada perusahaan kecil. Ucap dia, strategi ini dipilih, mengingat UKM di Sidoarjo, jumlahnya lebih besar jika dibanding perusahaan mapan.

Imam Sugiri merinci, di Sidoarjo ada 15 ribu lebih perusahaan besar dan kecil. Sekitar 2 ribu tergolong perusahaan besar. "Sedangkan sisanya yang sekitar 12.750 adalah UKM," tukasnya.

Mei 2009 lalu, Kadin dan Pemkab mengumpulkan seluruh perusahaan besar. Hasilnya, hingga akhir September 2009, dana CSR dari perusahaan besar yang terkumpul mencapai Rp 500 juta.

Imam memaparkan, pasca bencana lumpur, kondisi UKM Sidoarjo mengalami keterpurukan, terutama terkait dengan omzet penjualan hasil produksi pengusaha sekitar lumpur. Omzet pengusaha melorot 75 persen dari omzet normal.

Akibatnya, banyak pula pengusaha yang gulung tikar, dan melakukan efisiensi, menekan ongkos produksi usaha dengan merumahkan pekerjanya.

Terpisah, Kadis UKM, Perindustrian, Perdagangan dan ESDM, Agus Budi Cahyono mengiyahkan selain meminta bantuan CSR, Pemkab juga mengucurkan bantuan kredit lunak sebesar Rp 1 miliar untuk 1000 pengusaha.

"Sebelumnya, pemkab juga mendapat bantuan dari APBN sebesar Rp 10 miliar untuk pemulihan UKM," terangnya.[isa/ted]

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com