Terima kasih atas kunjungan Anda, kami menyajikan berbagai informasi terkini tentang CSR...

14 Januari 2011

Semen Gresik Perluas Jangkauan ke UKM

. 14 Januari 2011

suarakarya-online.com  | PT Semen Gresik Tbk terus memperluas jangkauan terhadap mitra binaan dari usaha kecil dan menengah (UKM) yang hingga akhir 2010 sudah mencapai 7.880 unit. Untuk tahun ini, Semen Gresik menargetkan tambahan 2.000 UKM mitra binaan baru. Akan ada dana bantuan kredit untuk mitra binaan baru yang diambil dari sebagian laba bersih perusahaan. Menurut Direktur Utama Semen Gresik Dwi Sutjipto, semakin banyak dana untuk UKM mitra binaan, maka penyerapan tenaga kerja bisa terus ditingkatkan."Tahun lalu, kita menyalurkan dana program kemitraan untuk UKM sebesar Rp 63 miliar untuk sekitar 8.000 UKM. Dengan ini berhasil memberdayakan hingga 17.500 orang pekerja," katanya di sela acara "Semen Gresik UKM Award 2010" di Surabaya, Rabu (12/1).

Dana yang disalurkan tahun 2010 jauh lebih tinggi dibanding penyaluran 2009 yang hanya Rp 27 miliar. Selanjutnya, seiring dengan penambahan ribuan UKM mitra binaan baru, maka Semen Gresik akan menambah alokasi dana bantuan kredit ringan hingga 15 prsen dibanding 2010 lalu.
Dwi Sutjipto sendiri mengapresiasi kinerja para UKM binaan, dan ini terlihat dari nilai transaksi bisnis yang cenderung terus bertambah setiap tahunnya. Dia kemudian menyebutkan nilai transaksi UKM binaan selama 2010 sebesar Rp 765 miliar atau meningkat dibanding 2009 yang hanya Rp 535 miliar. "Padahal, setiap Rp 1 miliar mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 100 orang," tutur dia. Di lain pihak, Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf merespons positif kepedulian badan usaha milik negara (BUMN), termasuk Semen Gresik, yang membina pelaku UKM. Apalagi, sekitar 53 persen pendapatan produk domestik regional bruto (PDRB) Jatim disumbang oleh sektor UKM.

Dia juga menyebutkan tentang penyerapan kredit usaha rakyat (KUR) oleh UKM di Jatim yang sudah mencapai 127 persen. "Dari target penyerapan KUR yang hanya Rp 42 triliun, ternyata berhasil diserap UKM sebesar Rp 46 triliun lebih," ujarnya.
Keberadaan UKM selama ini juga banyak berperan membantu mengentaskan angka pengangguran dan kemiskinan di Jatim. Dalam hal ini, setiap kucuran dana kredit sebesar Rp 100 juta yang disalurkan ke UKM ternyata berdampak pada penambahan peluang untuk empat tenaga kerja baru.

Seperti diketahui, UKM mitra binaan Semen Gresik tersebar di berbagai wilayah di Jatim, Provinsi DI Yogyakarta, hingga Jawa Tengah. Jumlah mitra binaan terbanyak berdomisili di Kabupaten Tuban, Jatim, sebanyak 4.643 UKM dan disusul Gresik 2.274 UKM. UKM Award 2010 yang digelar untuk mendorong dan memotivasi pelaku UKM ini diikuti 108 UKM hasil binaan 17 BUMN di wilayah Jawa Timur yang sudah diseleksi tim juri. Penilaian terhadap UKM tersebut mencakup kepatuhan membayar angsuran, kewirausahaan, kinerja penjualan/ekspor, penyerapan tenaga kerja, administrasi, dan lainnya. (Andira)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com