Terima kasih atas kunjungan Anda, kami menyajikan berbagai informasi terkini tentang CSR...

17 Juni 2010

Bedah Rumah pun Jadi Pilihan Wujud Program Corporate Social Responsibility

. 17 Juni 2010


JARUM jam menunjuk pukul 10.00. Sekelompok pria berambut cepak dan berbaju loreng terlihat sibuk memasang keramik di sebuah rumah beralas tanah di Desa Wringinanom, Kecamatan Wringinanom.

Tidak hanya di rumah itu, kegiatan serupa juga dilakukan di beberapa lokasi lain. Bentuknya berbeda. Rumah yang berdinding gedek diganti dinding batu bata dan disemen.

Ya, seperti itulah konsep bedah rumah yang saat ini digarap Kodim 0817 Gresik bersama PT Arwana. Program tersebut merupakan realisasi CSR perusahaan itu. Program tersebut berlangsung pada 11-30 Juni.

Lokasi yang dipilih adalah Desa Wringinanom dengan pertimbangan kedekatan dengan lokasi perusahaan. ''Konsep bedah rumah itu tidak seperti yang sudah ada,'' kata A Sun F.S., wakil PT Arwana.

Dalam merealisasikan program tersebut, perusahaan itu bekerja sama dengan Kodim 0817 Gresik serta aparat pemerintahan di sana. Selain membantu pelaksanaan program di lapangan, para tentara itu bisa mempercepat penyelesaian program tersebut. ''Total, kami menyiapkan 60 personel, baik dari kodim maupun koramil-koramil di sekitar sini,'' jelas Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Achdwiyanto Yudi Hartono.

Meski berlabel bedah rumah, pelaksanaan program itu tidak seperti acara-acara bedah rumah di televisi. Total, ada 20 rumah di desa tersebut yang dipilih. Pemilihannya juga tidak asal-asalan. Hanya rumah yang belum beralas tegel atau yang masih berdinding gedek (anyaman bambu) yang ''dibedah''.

Rumah yang mendapat jatah program itu tidak dibongkar total. Rumah yang belum beralas tegel dipasangi keramik. Demikian juga, rumah gedek diganti dinding tembok. Tidak hanya rumah, sebuah masjid di desa tersebut juga direhab. Perusahaan itu juga membangun beberapa infrastruktur yang belum dimiliki desa. Salah satunya, plengsengan sepanjang 700 meter plus pavingisasi jalan.

Tugas personel kodim tak sebatas membantu pekerjaan. Mereka juga mengoordinasi warga untuk ikut dalam kegiatan tersebut. Instansi itu juga memberikan masukan kepada perusahaan-perusahaan untuk mengarahkan konsep CSR yang pas direalisasikan. ''Sebab, saat ini, bentuk CSR yang paling baik memang lewat program. Tentu harus disesuaikan dengan wilayah masing-masing,'' kata Achdwiyanto.

Dijadwalkan, program tersebut selesai pada 23 Juni nanti. ''Setelah itu, kami menyiapkan program-program lain. Khusus untuk bedah rumah, kami targetkan bisa berlangsung tiap tahun. Dengan demikian, tidak ada lagi rumah-rumah di wilayah perusahaan kami yang tidak berkeramik,'' tegasnya. (ris/c5/ruk)
http://www.jawapos.co.id/halaman/index.php?act=detail&nid=140017

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com