Terima kasih atas kunjungan Anda, kami menyajikan berbagai informasi terkini tentang CSR...

17 Juni 2010

Kemenbudpar Imbau Perusahaan Salurkan "CSR" ke Museum

. 17 Juni 2010

Jakarta - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata mengimbau perusahaan swasta supaya tidak ragu untuk mulai menyalurkan dana "corporate social responsibility" ke museum.

"Saya kira banyak hal yang bisa ikut mendorong sektor swasta untuk terlibat dalam revitalisasi dan pelestarian museum," kata Dirjen Sejarah dan Purbakala Kemenbudpar, Harry Untoro, di Jakarta, Kamis.

Harry Untoro mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali mengimbau sejumlah perusahaan menyalurkan CSR untuk revitalisasi museum karena museum merupakan ruang publik milik bersama yang menjadi tanggung jawab bersama dalam pemeliharaannya.

Pihaknya berharap revitalisasi museum tidak sekadar menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

"Harus ada kesadaran bersama untuk memelihara museum, baik dari pemerintah daerah maupun sektor swasta," ucap Harry.

Selama ini, CSR perusahaan-perusahaan besar masih berkubang terpusat atau di sektor pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur, dan konservasi alam.

Perusahaan yang melekat dengan CSR model ini seperti Sampoerna Foundation, Kalbe Academy, Citibank Peduli, PT Newmont Nusa Tenggara (NNT), PT Freeport Indonesia (FI) dan banyak lagi.

Implementasi CSR untuk museum dapat dikaji lebih lanjut dalam berbagai ruang dan model, misalnya saja membantu mendisain ulang museum supaya semakin eksotik dan menyentuh emosi masyarakat, sehingga menarik minat untuk berkunjung.

Selain itu, membantu memperkuat pemanfaatan teknologi informasi bagi pengelolaan museum (database koleksi), promosi lewat website statis dan dinamis, "reservasi online", dan sebagainya.

Bentuk lain dapat berupa pemberian pelatihan SDM museum agar memenuhi kaidah "hospitality" di sektor jasa dan pengelolaan tempat wisata.

Harry mengatakan, gerakan cinta museum harus menjadi gerakan besar yang dilaksanakan dan diimplementasikan bersama.

Pihaknya juga mengimbau berbagai pihak supaya tidak segan menyumbangkan koleksinya ke museum sebagai salah satu wujud cinta terhadap museum.

"Museum perlu kita jadikan sebagai tempat pembelajaran dan pembentukan karakter bangsa," ujarnya menegaskan.

Pihaknya mencanangkan tahun 2010 sebagai Tahun Kunjung Museum yang menjadi bagian Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) hingga 2014.

Program itu bertujuan mendorong kesadaran masyarakat terhadap arti penting museum serta meningkatkan jumlah pengunjung museum.

Saat ini jumlah kunjungan masyarakat ke 275 museum di seluruh Tanah Air sekitar 4,2 juta setiap tahun.

Kegiatan Tahun Kunjung Museum ini prinsipnya dilaksanakan di museum seluruh Indonesia, tetapi diprioritaskan di tujuh provinsi DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sumatra Utara.
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/35537/Kemenbudpar-Imbau-Perusahaan-Salurkan-CSR-ke-Museum

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com